BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 22 Juni 2010

Versailles


Versailles-Philharmonic Quintet-\ヴェルサイユ

J-rock Visual Kei Symphonic Metal Band



Membros:
Vocal: Kamijo
Guitarra: Hizaki
Guitarra: Teru
Baixo: Yuki
Status: Ativos
Inicio: 2007
Ex-Membros:
Baixo: Jasmine You (Faleceu 1979~~2009)
Site Oficial

Jubilee (2010.01.20) [Album]

1. God Palace -Method of Inheritance-

2. Ascendead Master

3. Rosen Schwert

4. Ai to Kanashimi no Nocturne

5. Amorphous

6. Reminiscence

7. Catharsis

8. The Umbrella of Glass

9. Gakkoka

10. PRINCESS -Revival of church-

11. Serenade

12. Sound in Gate


ASCENDEAD MASTER (Regular Edition) (2009.06.24) [Single]

1. ASCENDEAD MASTER

2. Gekkakou

3. DESCENDANT OF THE ROSE


ASCENDEAD MASTER (Limited Edition Type I) (2009.06.24)[Single]

1. ASCENDEAD MASTER

2. HALLWAY


ASCENDEAD MASTER (Limited Edition TypeII) (2009.06.24)[Single]

1. ASCENDEAD MASTER

2. PILGRIM


ASCENDEAD MASTER (Limited Edition TypeIII) (2009.06.24)[Single]

1. ASCENDEAD MASTER

2. COVENANT



WOW, sungguh sangat di luar dugaan! Tanggal 13 September 2008 kemarin, Versailles, salah satu band indie Visual-kei yang beraliran symphonic-metal, juga merupakan band yang menduduki peringkat utama dalam hal popularitas, merilis sebuah single yang dikasih judul PRINCE. Single ini sendiri sebenarnya bukan lah single yang sebagaimana-biasanya yang diperjual-belikan secara fisik di toko-toko musik. Melainkan sebuah single yang hanya bisa didapat dengan cara mendownloadnya di sebuah website. Entah apakah berbayar atau tidak. Yang pasti salah satu website, yakni HEARJAPAN, memperbolehkan pelanggannya untuk mendownload secara gratis.

Melalui single PRINCE ini juga, Versailles secara resmi mengumumkan nama barunya, yaitu Versailles -Philharmonic Quintet-. Nama ini hanya dikenakan Versailles jika tampil live/konser untuk kawasan Amerika Utara. Mengapa bisa begitu? Sebab nama Versailles sendiri sudah menjadi hak paten dari sebuah grup musik bernama sama yang ada di Amerika Serikat sana. Jadi, supaya tidak terbentur dengan masalah hukum, Versailles pun menambahkan kata -Philharmonic Quintet- pada bagian belakang nama Versailles tersebut. And what do you think? Terlihat makin keren atau malah ribet? Philharmonic sendiri dalam bahasa Indonesia berartikan "orkes simfoni/yang berkaitan dengan orkes simfoni". Sedangkan Quintet, setelah buka kamus online, memiliki arti "kwintet". Kwintet? WHAT THE HELL IS THAT? Haha....

Seperti yang kita ketahui bersama, Versailles di dalamnya berisikan lima orang personil yang kejeniusan dan skill dari individu-nya masing-masing tidak perlu diragukan lagi. Kelima orang ini memiliki selera musik yang sangat beraneka ragam. Namun justru di situlah hebatnya! Dari ke-aneka-ragam-an itu tadi, mereka mampu menyatukannya hingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan kuat. Dan aku yakin, beberapa tahun ke depan dari sekarang belum ada band mana-pun yang sanggup mematahkan dominasi Versailles di kancah dunia musik indie Visual-kei. Kembali ke soal ke-anekaragam-an tadi, coba tengok KAMIJO [pentolan LAREINE, NEW SODMY, Node of Scherzo] yang memiliki kharisma vokal nan kuat. Begitu juga dengan HIZAKI [eks GARNET GRAVE, Crack brain, Schwardix Marvally, BURNING FIRE, SULFURIC ACID, HIZAKI grace project, Node of Scherzo], yang selalu memainkan musik khas Visual-kei yang cantik dan symphonic, dilengkapi dengan melodi-melodi yang tidak kalah indahnya. Bagaimana dengan TERU [eks Aikaryu, HIZAKI grace project]? Well, gitaris yang doyan musik kencang ala metal ini juga mampu memberikan sumbangan tebesar ke dalam tubuh Versailles hingga mampu menciptakan nuansa cadas di dalam sebagian besar lagu-lagunya Versailles. Jasmine You [eks HIZAKI grace project, Node of Scherzo] dan YUKI [eks Sugar Trip, alively sanctuary] juga tidak kalah pentingnya. Dua orang ini tetap menampilkan sebuah performance yang memukau dan tentunya memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi. Perpaduan dari kelima orang di atas tadi menghasilkan warna musik yang sangat unik, yaitu campuran antara melodic rock, metal, symphony yang ujung-ujungnya menjadi suatu genre yang lazim dikenal dengan symphonic-metal atau ada juga yang menyebutnya neoclassical-metal.

Kembali ke singlenya, hanya satu buah lagu saja yang diedarkan oleh Versailles secara online. Dan lagu tersebut berjudul PRINCE [04:57]. Setelah mendengarkan lagu ini dari awal hingga akhir secara berulang kali, well, siapa sih yang meragukan karya-karyanya Versailles? Walaupun lagu ini sedikit kalem dengan permainan musik yang sedikit "ringan", tidak berat seperti biasanya, namun Versailles mampu menunjukkan ciri khas genre symphonic-metal yang sangat kental di dalamnya. Yaitu berupa permainan riff-riff berat gitar ala heavy-metal yang disadurkan dalam beberapa bentuk permainan melodi. Intro dan permainan instrumental musik pada awal lagu ini sekilas terasa hampir mirip dengan lagu Versailles lainnya yang berjudul SFORZANDO. Sudah bisa ditebak memang jika lagu ini pasti ciptaannya KAMIJO. Verses yang dibawakan KAMIJO terlihat biasa saja, memang sangat tipikal dengan lagu-lagu Versailles lainnya. Namun aku suka dengan bagian bridge dan chorusnya. Yang dibalut dengan bebunyian permainan musik orchestra. Pada intinya, this is another great song by Versailles. Sangat disayangkan sekali kenapa lagu sebagus ini tidak sekalian saja dimasukkan ke dalam album NOBLE yang dirilis bulan Juli 2008 kemarin?

Yeah! That's it. Rasanya tidak perlu aku katakan lagi berapa rating bintang yang harus aku berikan buat lagu PRINCE ini. Silakan didengar sendiri. Mengutip kata Pak Bondan dalam acara WISATA KULITER: POKOK'E MAKNYUS! Ditunggu deh kabar selanjutnya dari Versailles!

Oh iya, di tanggal 13 September 2008 itu juga Versailles merilis "free distribution single" yang dikasih judul ART OF Propaganda ~coupling with chariots~. Single ini diedarkan saat Versailles dan chariots [UNDER CODE PRODUCTION's band] mengadakan two-man live. Jadi penasaran lagu apa saja yang ada di dalam CD tersebut.


sumber : http://visualkeiej-rock.blogspot.com




0 komentar: